Oncoprobe User Meeting 2010

E-mail Print PDF

 

Mengawali tahun 2010 dan menutup tahun 2009, 111 Dokter Patologi dan Analis dari berbagai rumah sakit di Indonesia berkumpul dalam acara Oncoprobe User Meeting kedua. Bekerja sama dengan PDS Patklin, acara yang digelar di Hotel Borobudur ini bertujuan sebagai sosialisasi pengembangan terbaru mengenai metode deteksi pendarahan pada saluran pencernaan menggunakan Fecal Occult Blood Test + Transferrin sebagai metode yang cepat dan sensitif.

User Meeting dibuka dengan presentasi oleh Dr. Marcellus Simadibrata membahas ‘Peran pemeriksaan fecal occult blood test (FOBT) dalam skrining kanker kolorektal dan penyakit usus inflamatorik (inflammatory bowel disease)’. Pembahasan menggali secara luas mengenai kanker kolorektal dan enam cascadenya, lalu mengenai metode-metode untuk mendeteksi kanker kolorektal. Sesuai hasil perbandingan terlihat bahwa FOBT + Transferrin memiliki sensitifitas tinggi untuk mendeteksi pendarahan saluran pencernaan bawah dan atas.

Dr. July Kumalawati kemudian melanjutkan dengan topik ‘Pemeriksaan Darah Samar Tinja’ untuk diagnosa perdarahan pada saluran pencernaan, ditambahkan Dr. Anik Widijanti dengan hasil penelitian pada Laboratorium Patologi Klinik RSU Saiful Anwar / FKUB Malang atas perbandingan nilai diagnostic FOBT simultan (Hb dan Tf) dengan FOBT Hb saja pada perdarahan tersamar saluran pencernaan bagian atas. Hasil penelitian menyimpulkan: FOBT Hb dan Tf memiliki sensitifitas lebih tinggi dibandingkan FOBT Hb saja dalam mendeteksi pendarahan saluran pencernaan bagian atas.

Masing-masing sesi ditutup dengan tanya jawab dipandu oleh Dr. Diana Aulia sebagai Moderator. Sesi tanya jawab berlangsung selama kurang lebih 1 jam. Acara Oncoprobe User Meeting 2010 ditutup dengan pembagian Door Prize berupa 3 buah external Harddisk, dimana Prof. Riyadi membacakan para pemenang dan Dr. Suganda menyerahkan hadiahnya. “Semua berlangsung lancar,” tutur ibu Dewi Purwaningsih selaku Direktur Marketing PT Oncoprobe Utama, “Dari seluruh presentasi dan antusiasme audience tampaknya FOBT + Transferrin nantinya akan menjadi salah satu andalan dalam pemeriksaan darah samar.”(BI)